Pengertian Shalat Istikharah dan Manfaatnya
Pengertian Shalat Istikharah dan Manfaatnya

Pengertian Shalat Istikharah dan Manfaatnya

Diposting pada

Bismillah… Kali ini Akbar Islam akan membahas tentang Pengertian Shalat Istikharah dan Manfaatnya agar kita mengerti makna dari Shalat Istikharah tersebut. Sehingga kelak jika kita menemukan keraguan yang berat dan tak teratasi, kita selalu dengan Allah. Mohon baca sampai akhir artikel ini.

Jika salah satu dari Anda dalam keraguan dalam memilih atau sedang membuat rencana untuksuatu tujuan, maka hendaklah melakukan shalat dua Raka’aat dengan ikhlas“. Kemudian membaca doa berikut:

اللَّهمَّ إنِّي أستَخيرك بعلمكَ، و أستقدرك بقُدرتك، و أسْألك مِن فضلك العظيم
فإنّك تَقْدر و لا أقْدِر، و تعلم و لا أعلم، و أنت علاَّمُ الغُيوب.
اللَّهمَّ إنْ كنتَ تعلم أنَّ هذا الأمْرِ خيرٌ لي في ديْني و معَاشي و عاقِبة أمري
– او قال عاجِل أمري و آجِله –
فاقْدِرْهُ لي و يسِّرْه لي ثمَّ بارِك لي فِيه،
و إن كنتَ تعلم أنَّ هذا الأمرِ شرٌّ لي في دِيني و معآشِي و عاقبةِ أمْرِي
– او قال في عاجِل أمرِي و آجِله –
فاصْرِفْه عَنِّي، و اصْرفْنِي عَنه، و اقْدِر لِيَ الخيْرَ حَيْثُ كان ثُمَّ ارْضِنِي بِه.

“Ya Allah! Saya mencari bimbingan Anda berdasarkan pengetahuan Anda, dan saya mencari kemampuan berdasarkan kekuatan Anda, dan saya meminta Anda karunia besar Anda. Anda memiliki kekuatan; Saya tidak punya. Dan Anda tahu; Saya tidak tahu. Anda adalah Maha Mengetahui hal-hal yang tersembunyi.
Ya Allah! Jika dalam pengetahuan Anda hal ini baik untuk agama saya, mata pencaharian saya dan urusan saya, segera dan di masa depan, kemudian tunjukkan itu untuk saya, buatlah mudah bagi saya, dan memberkatinya bagi saya. Dan jika dalam pengetahuan Anda hal ini buruk bagi agama saya, mata pencaharian saya dan urusan saya, segera dan di masa depan, kemudian menjauhkan saya, dan jauhkan saya dari itu. Dan tentulah bagi saya hal yang baik di mana mungkin, dan buat saya puas dengannya.”

Shalat Istikharah

Kita semua berpaling kepada Allah pada saat-saat ketika kita membutuhkan sesuatu, dan salah satu metode dan alasan yang paling umum untuk berpaling kepada-Nya adalah untuk mencari bimbingan-Nya melalui Shalat Istikharah.

Istikharah, dalam kenyataannya, berarti “untuk mencari kebaikan dari Allah” menurut beberapa Ulama adalah “untuk mencari bimbingan dari Allah“. Arti yang berarti yang kita ambil, itu adalah doa dan permohonan yang dibuat oleh orang percaya kepada Tuhannya untuk membantu dia pada saat yang dibutuhkan dan saat kebingungan melanda.

Namun, itu juga fakta yang diketahui bahwa banyak orang mengalami kebingungan tentang doa khusus ini. Alasan utama untuk terjadinya kebingungan adalah karena orang yang menawarkan doa ini mengharapkan bimbingan ilahi dari Allah Ta’ala dan karena itu memiliki keyakinan dalam hati ini bahwa apa pun hasil dan jalan yang ditunjukkannya untuk mengambil akan menjadi jalan yang benar dan jalan yang paling bermanfaat baginya yang dipilih oleh Allah Sendiri.

Namun, ketika orang-orang menawarkan doa ini, disaksikan bahwa kebingungan seseorang tidak dihilangkan. Lebih jauh lagi, jalan yang tampaknya disuruh seseorang untuk mengambil kadang-kadang bukan jalan yang mulus dan jelas; sebaliknya, orang itu tampaknya menghadapi lebih sulit dalam mengambil jalan itu.

Karena alasan inilah maka sangat penting bagi kita untuk memahami hal ini untuk menghindari kesalahpahaman pengertian dari Shalat Istikharah tersebut.

Pandangan Pertama

Pandangan pertama dan paling umum dari Istikharah adalah bahwa ini adalah doa yang melaluinya seseorang mencari bimbingan dari Allah Ta’ala. Pertanyaan umum yang paling sering terjadi di kalangan kita adalah; Apakah aku harus menikhai orang itu? (Baca artikel sebelumnya : Pernikahan Dalam Islam – Permulaan) Haruskah aku mengambil program pasca sarjana? Haruskah aku mengambil tawaran pekerjaan ini atau yang itu?

Oleh karena itu, orang yang melakukan shalat ini tidak jadi untuk mencari bimbingan dari Allah Ta’ala dan berharap bahwa hatinya akan cenderung ke arah salah satu dari dua hal demikian mencerahkan dia sebagai apa keputusan untuk membuat.

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, kadang-kadang kita melihat bahwa kita tidak menerima apapun kecenderungan setelah Istikharah, atau bahwa setelah keputusan dibuat kita melalui kesulitan dalam pilihan kami mengikuti karena Istikharah.

Penjelasan

Terutama, harus dipahami bahwa, menurut pandangan ini, kita mencari pengetahuan lengkap Allah untuk membimbing kita dan di sana sebelum kita harus memahami bahwa jalan apa pun yang kita ambil adalah jalan yang benar untuk kita dan tidak peduli apa kesulitan yang kita hadapi ada beberapa bermanfaat bagi kita dalam jalan ini bahwa Allah telah mencondongkan hati kita.

Selanjutnya, jika kita merasa bahwa tidak ada kecenderungan terhadap masalah tertentu maka sekolah-sekolah telah menyatakan bahwa kita harus melakukan sholat beberapa kali sampai kita menerima jawaban dari Allah Ta’ala.

Pandangan  Kedua

Istikhara bukannya doa untuk bimbingan itu adalah permohonan (Du’aa) kepada Allah Ta’ala dan doa untuk mencari kebaikan dari-Nya. Istikharah adalah melalui doa bahwa seseorang meminta Allah Ta’ala untuk menempatkan kebaikan dalam apa pun yang diputuskan untuk melakukan dan meminta kepada Allah untuk membimbing dia ke yang di dalamnya ada kebaikan untuk dirinya dan menjauhkannya dari kejelekan.

Singkatnya, ahli menyebutkan bahwa jika seseorang percaya bahwa Shalat Istikharah adalah petunjuk yang dianggap perlu untuk dipercaya bahwa petunjuk Allah selalu benar karena Dia memiliki pengetahuan yang lengkap.

Wallahua’lam…

loading...

One thought on “Pengertian Shalat Istikharah dan Manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *